Nama : Meilya
Kusumawati
Guru : Selamet Hariadi
Kelas : XI TKJ
Abstrak :
1. Merangkum
semua materi komunikasi data
2. Baik
di buku catatan, ppt, pdf dan materi yang pernah diposting diblog
3. Dijadikan
satu artikel
4. Diposkan
di blog
KOMUNIKASI
DATA : JENIS KOMUNIKASI dan TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Komunikasi data adalah
proses pengiriman dan penerimaan data dari 2 device atau lebih yang terhubung
dalam satu jaringan.
Jenis komunikasi ada 4,
yaitu :
1. Audio
2. Video
3. Komunikasi
radio
4. Data
Bentuk komunikasi
data ada 3, yaitu :
1. Suara
(Audio)
2. Video
( Video, Audio – Video)
3. Data
Komunikasi ada 2, yaitu
:
1. Komunikasi
public
Bentuk komunikasi
dibagi menjadi 3 :
1. komunikasi radio siaran atau amatir bersifat umum , radio amatir bersifat hanya 2
arah. contoh : HT
2. radio
panggil berjarak lebih pendek. Contoh : pager
3. telepon bersifat bias menerima atau berbicara secara
bersama – sama. Contoh : telepon seluler
3 ragam komunikasi dan
gambarkan ragam komunikasi :
a.
komunikasi audio, b. Komunikasi video dan c. Komunikasi data
a.
b.
c.
Diagram komunikasi data sederhana
Source adalah tempat
dimana data yang mau dikirim bias berupa gambar atau text. Data tersebut berupa
sinyal digital dan dirubah menjadi bentuk analog oleh transmitter. Oleh
transmitter diterima oleh system transmisi atau ISP dalam bentuk sinyal analog.
Setelah dari situ diterima oleh reciver dan di terjemahkan ke dalam bentuk
sinyal digital menuju ke tujuan dan dirubah kebentuk semula berupa gambar atau
text.
Fungsi elemen yang ada
pada digram komunikasi data sederhana :
1. Source
berfungsi sebagai sumber
2. Transmitter
berfungsi memindahkandan menerima informasi dari data digital ke data analog
3. System
transmisi berfungsi menghubungkan antara source dengan destination
4. Reciver
berfungsi menerima sinyal dari system transmisi dan menghubungkan ke tujuan
5. Destination
berfungsi tujuan data yang dikirim
Perangkat komunikasi :
1. DCE
( data communication equipment)
Untuk
menyalurkan informasi antar lokasi.
2. DTE
( data terminal equipment )
Mengatur
masuk dan keluarnya informasi (pemakai computer)
3. DCCU
( data communication control unit) = In/Out put control dan pengendali terminal
adalah lokasi dalam jaringan tempat informasi keluar masuk.
Tugas
DCCU :
·
Membentuk antar muka / interface antara
system I/O bus dalam modem
·
Mengendalikan sinyal antarmuka modem dan
konvernsi level modem
·
Mengubah data yang akan dikirimkan
menjadi serial dan sebaliknya
·
Mengatur eror recovery dengan mekanisme
retry
·
Melakukan konverensi sendii
·
Melakukan singkronisasi karakter baik
dengan cara start/stop maupun dengan karakter SYN (singkronisasi)
·
Melakukan bit singkronisasi untuk
controller asinkron
·
Melakukan pengajuan kesalahan ( parity,
longitudinal / BCC )
·
Mengendalikan prosedur dengan melacak karakter transmition control.
Perangkat jaringan
computer dan telepon :
1. PC
2. NIC
3. Kabel
( kobel coaxial, tembaga dan serat optic)
4. Server
5. HUB
dan switch
6. Repeater
7. Bridge
8. Router
9. Modem
10. AP
Teknoligi komunikasi
data dan suara :
1. Contoh
teknologi komunikasi data:
Pengiriman file dari komputer ke komputer lain
Dari server ke client
browsing
2. Contoh
teknologi komunikasi suara:
telepon
HT
Pager
Bandwidth
& Thoughtput
Bandwidth adalah luas
atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi.
Dalam
bahasa mudahnya adalah sebuah takaran lalu lintas data yang masuk dan yang
keluar .
Bandwidth pada Hosting
Bandwidth yang
ditentukan seberapa banyak kita mengupload atau mendownload. Makin banyak anda
melakukan aktivitas upload, ditambah makin banyaknya pengunjung yang mengakses,
maka makin berkurang jatah Bandwidth yang diberikan.
Bandwidth dlm Jaringan
Komputer
Transfer rate/jumlah
data yang dapat dibawa dari sebuah titik ke titik lain dalam jangka waktu
tertentu (pada umumnya dalam detik). Bedakan bandwidth “Up To” yang berarti Bandwidth
pada kecepatan Maksimal suatu jaringan yang diberikan.
Cara menghitung
banswidth :
Throughput
Menggambarkan
bandwidth yang sebenarnya (aktual) pada
suatu waktu tertentu dan pada kondisi dan jaringan internet tertentu yang
digunakan untuk nendownload suatu file dengan ukuran tertentu.
Karakteristik
Throughput
a. Tidak
menghitung bit per second secara murni,
karena dipengaruhi alamat komputer pengirim dan tujuan.
b. 512kb yang perkirakan bisa dikirim 1 detik
dengan ukuran bandwidth, namun kenyataannya Throughput bisa 4 detik, jadi 512kb/4
detik = 129 kbps (detik=second).
Standar Komunikasi
Organisasi
Istilah
organisasi berasal dari bahasa Latin organizare, yang secara harafiah berarti paduan
dari bagian-bagian yang satu sama lainnya saling bergantung. Di antara para ahli ada yang menyebut paduan
itu sistem, ada juga yang menamakannya
sarana.
Protokol/Protocol
Protokol
adalah himpunan kaidah yg mengatur proses komunikasi data. Kaidah ini harus mengatur
setiap aspek komunikasi jaringan, hingga
yg paling rinci. Misalnya protokol hrs mengatur
bagaiman akomunikas idata bermula, berlanjut& diakhiri.
Protokol
telah ditetapkan utk berbagai jenis perangkat keras, Perangkat lunak, & data yg berbeda-beda.
Apabila semua protokol yg Berbeda ini dpt bekerja sama membentuk komunikasi
data, maka himpunan protokol ini disebut
dg perangkat protokol (protocol suite).
OSI/RM
Layer – layer
pada OSI :
7: Layer
Application
Layer 7
adalah layer Applikasi
mendifinisikan interface antara
softwaresoftware atau applikasi
yang berkomunikasi keluar dari
komputer dimana
aplikasi tersebut
berada. Layer ini
menjelaskan aturan-aturan
untuk yang
berikut:
1. Penyediaan layanan jaringan
2. Penawaran – pengiklanan layanan jaringan
3. Pengaksesan layanan jaringan
Contoh berikut
adalah protocol-protocol yang mengimplementasikan aturan
layer
Application.
1. Netware’s services advertising protocol (SAP)
2. TCP/IP Network File System (NFS)
3. TCP/IP Simple Mail Transfer Protocol (SMTP);
Telnet; HTTP; FTP;
WWW browser
4. Termasuk
dalam contoh ini
adalah file; print;
applikasi database;
message.
6: Layer
Presentasi
Layer 6
adalah layer presentation
dimana tujuan utamanya
adalah
mendefinisikan
format data seperti text ASCII, text EBCDIC, binary, BCD
dan juga
jpeg. Enkripsi juga
didefinisikan dalam layer
6 ini. Layer
Presentation
menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1. Penterjemahan Data
2. Enkripsi dan kompresi data
Protocol-2
berikut adalah contoh yang mengimplementasikan aturan layer
Presentation
1. Netware Core Protocol (NCP)
2. AppleTalk Filing Protocol (AFP)
Jaringan Dasar
3. JPEG; ASCII; EBCDIC; TIFF; GIF; PICT;
encryption; MPEG; MIDI
Misal mainframe
mempunyai format EBCDIC;
sementara WIndows
mempunyai format data
ASCII. Tugas layer
Presentation adalah
menterjemahkan
format yang berbeda ini sehingga bisa saling nyambung.
5: Layer Session
Session layer
ini mendefinisikan bagaimana
memulai, mengontrol, dan
mengakhiri suatu
percakapan (disebut session).Hal
ini termasuk dalam
kendali dan
manajemen dari berbagai pesan bidirectional sehingga aplikasi
bisa menyertakan
suatu sinyal pemberitahuan atau notifikasi jika beberapa
pesan telah
lengkap. Layer ke
lima Session menspesifikasikan aturan-2
berikut:
1. Pengendalian sesi komunikasi antara dua
piranti
2. Membuat; mengelola; dan melepas koneksi
Yang berikut
adalah protocol yang
menimplementasikan layer session
model OSI:
1. Netware’s Servise Advertising Protocol (SAP)
2. TCP/IP remote procedure call (RPC)
3. SQL; NFS; NetBIOS names; AppleTalk ASP;
DECnet SCP
Contoh sederhana
analoginya adalah operator
telpon.Jika anda mau
menelpon suatu
nomor sementara anda tidak tahu nomornya, maka anda
bisa nanya ke
operator.Layer session ini analoginya
yach kayak operator
telpon getu.
4: layer
Transport
Layer 4
(Transport layer) lebih
fokus pada masalah
yang berhubungan
dengan
pengiriman data kepada komputer lain seperti proses memperaiki
suatu kesalahan
atau error recovery,
segmentasi dari blok
data dari
aplikasi yang
besar kedalam potongan kecil-2 untuk di kirim, dan pada sisi
komputer
penerima potongan-2 tersebut disusun kembali.
Layer OSI ke 4
ini menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1. Menyembunyikan struktur jaringan dari layer
diatasnya
2. Pemberitahuan kalau data pesan telah diterima
3. Menjamin kehandalan, pengiriman pesan bebas
kesalahan
Jaringan Dasar
Contoh-2 berikut
adalah protocol-2 yg mengimplementasikan aturan layer
transport
1. Netware’s Sequence Packet Exchange (SPX)
protocol
2. TCP/IP’s Transmision Control Protocol (TCP)
3. TCP/IP’s Domain Name System (DNS)
Analogi dari
layer transport ini
kayak penyedia jasa
pengiriman paket,
missal Tiki,
POS atau Fedex.
Tiki atau Fedex
bertanggung jawab penuh
untuk sampainya
paket ke alamat
tujuan dan paket
dalam keadaan utuh
tanpa cacat.
Seperti juga ISP, kalau kita ketikkan WWW.dotkom.com maka
ISP akan
menterjemahkan kedalam address tujuan.
3: Layer Network
Layer Network dari
model OSI ini
mendefinisikan pengiriman paket
dari
ujung-ke-ujung. Untuk
melengkapi pekerjaan ini,
Network layer
mendefinisikan
logical address sehingga setiap titik ujung perangkat yang
berkomunikasi
bisa diidentifikasi. Layer ini juga mendefinisikan bagaimana
routing bekerja
dan bagaimana jalur dipelajari sehingga semua paket bisa
dikirim.
Layer Network
menspesifikasikan aturan-2 untuk yang berikut:
1. Data routing antar banyak jaringan
2. Frakmentasi dan membentuk ulang data
3. Identifikasi segmen kabel jaringan
Protocol-2
berikut menerapkan aturan layer Network
1. Netware’s Internetwork Packet Exchange (IPX)
Protocol
2. TCP/IP’s Internet Protocol (IP); AppleTalk
DDP
Analogi dari layer
ini tugasnya mengirim surat atau paket ke kota atau kode
pos tertentu,
tidak langsung di
kirim ke alamat
tujuan. Layer ini
sangat
penting dalam
jaringan yang kompleks,
dimana layer Network
mengirim
data paket ke
jaringan logical.Router berfungsi pada layer ini.
2: Data link
layer
Layer Data link
menspesifikasikan aturan berikut:
1. Koordinasi bits kedalam kelompok-2 logical
dari suatu informasi
2. Mendeteksi dan terkadang juga memperbaiki
kesalahan
3. Mengendalikan aliran data
Jaringan Dasar
4. Identifikasi piranti jaringan
Protocol-2
berikut mengimplementasikan Data link layer:
1. Ntware’s Link Support layer (LSL)
2. Asynchronouse Transfer Mode (ATM)
3. IEEE 802.3/802.2, HDLC, Frame Relay, PPP,
FDDI, IEEE
802.5/802.2
Analogi data
link ini seperti surat tercatat yang dikirm pada alamat rumah
dan dijamin
sampai dengan adanya resi yang ditandatangani penerima.
Layer ini
mengidentifikasi address yang sesungguhnya dari suatu piranti.
1: Layer
Physical
Layer Physical
dari model OSI
ini berhubungan dengan
karakteristik dari
media transmisi.Contoh-2 spesifikasi
dari konektor, pin,
pemakaian pin,
arus listrik,
encoding dan modulasi cahaya. Biasanya dalam menyelesaikan
semua detail
dari layer Physical ini melibatkan banyak spesifikasi. Layer ini
menspesifikasikan
aturan-2 berikut:
1. Struktur fisik suatu jaringan missal bentuk
konektor dan aturan pin
pada konektor
kabel RJ-45. Ethernet
dan standard 802.3
mendefinisikan pemakaian
dari kabel pin ke 1,2,3
dan 6 yang
dipakai dalam
kabel Cat 5
dengan konektor Rj-45
untuk koneksi
Ethernet.
2. Aturan mekanis dan elektris dalam pemakaian
medium transmisi
3. Protocol Ethernet seperti IBM Token ring;
AppleTalk
4. Fiber
Distributed Data Interface
(FDDI) EIA /
TIA-232; V.35,
EIA/TIA-449,
RJ-45, Ethernet, 802.3, 802.5, B8ZS
5. Sinkronisasi sinyal-2 elektrik melalui
jaringan
6. Encoding data secara electronic
Keuntungan dan kerugian model OSI
Anda mesti
faham betul dengan
model OSI ini
karena ini sangat
luas
digunakan jika
bicara soal komunikasi
jaringan.Akan tetapi perlu
diingat
bahwa ini
hanyalah sebuah model
teori yang mendefinisikan standards
bagi programmer
dan system administrator
jaringan, jadi bukanlah model
layer fisik yang
sesungguhnya.
Menggunakan model
OSI dalam diskusi
konseps jaringan mempunyai
beberapa
keuntungan:
1. Memberikan
bahasa dan referensi
yang sama antar
sesame
professional
jaringan
2. Membagi tugas-2 jaringan ke dalam layer-2
logis demi kemudahan
dalam pemahaman
3. Memberikan keleluasaan fitur-2 khusus pada
level-2 yang berbeda
4. Memudahkan dalam troubleshooting
5. Mendorong standard interoperability antar
jaringan dan piranti
6. Memberikan
modularity dalam fitur-2
jaringan (developer dapat
mengubah fitur-2
tanpa mengubah dengan
cara pendekatan
keseluruhan),
jadi bisa main comot antar modul getu lho
Akan tetapi anda
perlu mengetahui beberapa batasan:
1. Layer-2
OSI adalah teoritis
dan tidak melakukan
fungsi-2 yang
sesungguhnya
2. Dalam
implementasi industry jarang
sekali mempunyai hubungan
layer-ke-layer
Jaringan Dasar
3. Protocol-2
yang berbeda dalam
stack melakukan fungsi-2
yang
berbeda yang
membantu menerima dan
mengirim data pesan
secara
keseluruhan
4. Implementasi suatu protocol tertentu bisa
tidak mewakili setiap layer
OSI (atau bisa
tersebar di beberapa layer)
TCP/IP (Transmission control protocol/internet
protocol)
TCP menerina
data dengan panjang & membaginya kedalam bagian-bagian berukuran 64k. IP
mengambil bagian-bagian, memeriksa ketetapan tiap bagian, mengalamatkan
ketujuan & memastikan bahwa bagian-bagian tersebut sudah terkirim dengan
urutan yang benar. Pada saat menyampaikan pesan untuk IP, TCP dapat menangani
berbagsi jenis pesan yang berbeda dengan cara yang berbeda-beda.
1.
Simple
Mail Transfer Protocol (SMTP)
Memproses
pesan text yang hanya berisi rangkaian karakter ASCII sera alamat sasaran.
2.
File
Transfer Protocol (FTP)
Adalah
himpunan kaidah pemroses data yang lebih banyak yang digunakan untuk memproses
data yang lebih kompleks. Data yang memerlukan karakter non ASCII, atau berisi
karakter biner yang dapat dibaca oleh mesin.
3.
Telnet
Adalah
himpunan kaidah yang memungkinkan user(local terminal) mengakses computer lain
pada jaringan(remot terminal)
TCP/IP digunakan
oleh hamper semua system berbasis UNIX, Banyan VINES, Microsoft LAN Manager,
Novell Netware dan Microsoft Windows.
Net Bios
Singkatan dari Network Basic
Input/Output System. IBM Corporation mengembangkan dalam upaya menyediakan
sarana standard dalam menggunakan system operasi yang mendasari computer guna
mengakses layanan jaringan.
Net Bios adalah standard umum untuk
jaringan peer-to-peer, misalnya LANtastic, & Invisible NET/30. Umaumnya
tidak digunakan system jaringan yang sangat besar atau sangat kompleks.
XNS(Xerox Network System)
Corporation
mengembangkan untuk Local Area Network yang lebih kecil sebagai perangkat protocol
yang disediakan oleh protocol lain yang umumnya tidak diperlukan pada system
local kecil.
Protocol dasar dalam XNS adalah
Internrt Datagram Protocol(IDP), yang menangani pemeriksaan data& tanggung
jawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai dalam TCP/IP.
Apple Talk
Adalah perangkat
protocol untuk Macinthos. Perangkat ini cukup rumit, dan melibatkan banyak
protocol terpadu yang mengelola berbagai aspek rinci system komunikasi data
Mac.
Ether Talk & Token Talk
Ether Talk
adalah Appel talk diatas landasan Ethernet pada lapis fisik&data lik. Token
Talk adalah Appel Talk da atas landasan Token Ring pada lapis fisik&data
link. Varian ini memerlukan adapter crad khusus yang dapat dijumpai pada mesin
Macinthos yang lebih berdaya guna ( Mac Quadra).
Protocol Netware
Protokal ini
digunakan terhadab standard seperti diatas keciali Apple Talak, Netware telah
memperkenalkan beberapa protocol tambahan khusus untuk Netware.
Protocol Netware
digunakan untuk jaringan Netware, untuk melengkapi protocol standard,
&dirancang agar Netware dapat bersaing melawan sistm lainnya yang membatasi
implementasinya hanya pada protocol standard.
Internet Packet Exchane (IPX)
Mengenai
pemeriksaan data & tanggungjawab pengalamatan serupa dengan yang dijumpai
dalam TCP/IP. Menagani pesan antar jaringan.
NetWare Core Protocol (NCP)
Mengelola aliran
data antara client dan server Netware untuk mendapatkan tingkat efisiensi
maksimum.
Sequenced Packet Exchange(SPX)
Menggunakan
fungsi NOS Netware untuk memeriksa kekuatan data.
Server Advertising Protocol(SAP)
Memantau proses
logging (pencatatan) pada & diluar jaringan, sreta mengelola transfer pesan
antar simpul pada antar jaringan keseluruhan.
Protokol Windows
NT mendukung 4 protocol. TCP/IP sudah dibahas, dan 3 protokol lainya adalah :
1.
Microsoft
NWlink
Versi
dari protocol IPX/SPX Novell, yang disertakan demi tercapainya kompatibilitas
antara Windows NT dengan NetWare.
2.
NetBUI
Perluasan
dari NetBIOS. Protocol ini menggunakan NetBIOS sebagai antarmuka ke jaringan,tetapi
dengan menambahkan fungsi yang
memungkinkannya bekerja dengan beragam perangkat keras dan perangkat lunak.
3.
Data
Link Control
Procol
yang terbatas, yang dirancang untuk hubungan ke computer IBM Manframe untuk
piranti perangkat keras yang terhubung langsung ke kabel jaringan & bukan
ke workstation atau server.
Aplikasi
Internet & Jaringan
1.
Resource
Sharing
a.
Sharing
File (Data, Program) : suatu data yang kita punya bias dibaca atau diakses oleh
user lain yang telah
FILEZILLA
& CUTEFT
1. Pengertian
Filezilla &cuteFTP
FileZilla adalah program aplikasi jaringan yang berguna untuk transfer
file via protokol FTP di jaringan komputer atau internet. Software FileZilla
dibuat dan dikembangkan oleh Tim
Kosse. Perangkat lunak komputer ini memiliki
kelebihan pada kecepatan dan kemudahannya dalam melakukan transfer file.
Jendela aplikasi terbagi menjadi dua, satu untuk menampilkan file dan folder
di komputer lokal, dan satu
lagi untuk menampilkan file dan folder di komputer server. Program FileZilla banyak diaplikasikan
dan digunakan oleh kalangan pengguna
jaringan komputer dan internet. FileZilla merupakan software gratis. FileZilla dapat
dijalankan di sistem operasi Windows XP, Windows Vista, Windows 7, juga
tersedia untuk Linux dsn Mac OS.
CuteFTP
merupakan salah satu aplikasi file transfer (FTP) populer yang bisa
disandingkan dengan pesaingnya seperti Filezilla. CuteFTP Home adalah sebuah
File Transfer Protocol (FTP) client yang digunakan untuk mentransfer file
antara computer dan server FTP anda. CuteFTP Home dapat digunakan untuk
memindahkan file dari setiap ukuran dan tipe, meliputi web page, multi-media
file, atau dokumen lain ke dan dari sebuah file transfer pada FTP, standard
untuk memindahkan file pada internet.
2. Kegunaan Filezilla & cuteFTP
Kegunaan
Filezilla :
a. Mengupload ke web dan sebaliknya
mengambil dari web
b. Mengupload file, image ke server
c. Mengubah patch game, program /
demo game
d. Mengubah file berukuran besar
Fitur utama dari Filezilla adalah:
a. Site
manager (Manajer
situs) Mengizinkan pengguna untuk membuat daftar situs FTP beserta data
koneksinya.
b. Message
log (Log
pesan) Ditampilkan di bagian atas jendela. Fitur ini menampilkan output
berjenis konsol (console-type) yang menunjukkan perintah yang dikirim
oleh FileZilla dan respon yang diterima dari server.
c. File and
folder view Ditampilkan
di bawah pesan log (Message log), menyediakan sebuah tampilan grafis antarmuka
untuk FTP.
- Transfer queue (Transfer antrian)
Ditampilkan di sepanjang bagian bawah jendela, menunjukkan status real-time setiap
antrian atau transfer file yang aktif.
Kegunaannya
cuteFTP meliputi:
a.
Mengupload
web page anda kedalam FTP Server ISP untuk dapat dilihat pada sebuah web
browser.
b.
Mengupload
file pekerjaan kedalam sebuah server FTP
c.
Mengupload
image anda kedalam sebuah server FTP
d.
Mengupload
atau mengunduh multimedia file seperti file music,video, atau image
e.
Mengunduh
patch game, program, atau demo game terbaru dari server FTP
f.
Mengunduh
file berukuran besar lebih cepat dibandingkan ketika menggunakan web browser
anda
g.
Membackup
critical file kedalam sebuah FTP server jika system anda bermasalah.
3. Cara menggunakan Filezilla &
cuteFTP
Filezilla :
1.
Download
FTP-Client Filezilla terlebih dahulu dan
install
2.
Buka
FTP client pada applikasi filezilla
3.
Isi
kolom username dan password ftp domain hosting anda pada bagian
atas bar
4.
Buka
file folder yang akan diupload
5.
Pastikan
lokasi data/ file web localhost pada sebelah kiri filezilla
6.
Drag
file web yang akan diupload lalu kilk kanan pilih upload
7.
Tunggu
sampai file terungguh
Cara
Menggunakan Aplikasi FileZilla
1.
Silahkan Anda unduh file-nya melalui situs resmi FileZilla di www.filezilla-project.org atau bisa juga langsung melalui link di sini.
2.
Setelah proses unduh selesai, silahkan langsung Anda install.
3. Kemudian,
silakan kalian masukan Host, Username, dan Password, pada bagian atas bar.
Keterangan
:
A. Host : Masukan dengan domain kalian tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek kalian pada “Detail Hosting Anda”
A. Host : Masukan dengan domain kalian tanpa menggunakan www ataupun Temporary IP, yang diberitahukan di email subjek kalian pada “Detail Hosting Anda”
B. Username : Isi dengan username cPanel kalian
C. Password : Isi dengan password cPanel kalian.
D. Port : Silakan bagian ini dikosongkan untuk menggunakan port secara default atau Anda isis dengan port 21
C. Password : Isi dengan password cPanel kalian.
D. Port : Silakan bagian ini dikosongkan untuk menggunakan port secara default atau Anda isis dengan port 21
3. Sekarang, kita akan melakukan persiapan Upload
file web yang telah kalian siapkan terlebih dahulu. Harus semua file web agar
tidak ada kesalahan, maka dari itu pastikan lebih dulu semua file telah siap.
Sekarang, kita buka file folder yang akan kita upload.
4. Sekarang, pastikan lokasi data atau file web localhost
kalian pada sebelah kiri FileZilla Client kalian, lihat gambar.
5. Silakan drag semua file web kalian yang nantinya akan
diunggah/upload pada server hostingan kalian. Pastikan semua file kalian
drag/blok, lalu klik kanan dan pilih “Upload” dan destinasi upload kalian
pastikan didestinasi ke folder public_html pada server hostingan kalian.
cuteFTP :
1.
Buka
cuteftp, pilih menu file
2.
Masukkan
/ isi label, host address, usrename dam password
3.
Klik
menu edit pastikan pilihan use passitive mode tlh dichack
4.
Klik
ok -> connect
5.
Isi
username dan password
“Jika
proses tidak berhasil, lakukan langkah tambahan
1.
Upload
data ke folder publick_html
2.
Untuk
merubah permission file / chmod, memindahkan file ke suatu folder
3.
Menghapus
file, tinggal klik kanan pada file yang bersangkutan & pilih opsi yang
sesuai.”
VoIP(Voice over Internet Protocol)
VoIP
adalah cara berkomunikasi suara (voice) melalui jaringan Internet, sehingga
komunikasi jarak jauh SLJJ maupun SLI dapat dilakukan dengan biaya lokal.
Keuntungan VoIP
a. Biaya lebih rendah untuk sambungan langsung
jarak jauh. Penekanan utama dari VoIP adalah biaya. Dengan dua lokasi yang
terhubung dengan internet maka biaya percakapan menjadi sangat rendah.
b. Memanfaatkan
infrastruktur jaringan data yang sudah ada untuk suara. Berguna jika perusahaan
sudah mempunyai jaringan. Jika memungkinkan jaringan yang ada bisa dibangun jaringan
VoIP dengan mudah. Tidak diperlukan
tambahan biaya bulanan untuk penambahan komunikasi suara.
c. Penggunaan bandwidth yang lebih kecil daripada
telepon biasa. Dengan majunya teknologi penggunaan bandwidth untuk voice sekarang ini menjadi sangat
kecil. Teknik pemampatan data
memungkinkan suara hanya membutuhkan sekitar 8kbps bandwidth.
d. Memungkinkan
digabung dengan jaringan telepon lokal yang sudah ada. Dengan adanya gateway bentuk
jaringan VoIP bias disambungkan dengan PABX yang ada dikantor . Komunikasi antar kantor bisa menggunakan
pesawat telepon biasa
e. Variasi
penggunaan peralatan yang ada, misal dari PC sambung ke telepon biasa, IP phone handset.
Kelemahan
VoIP
a. Kualitas
suara tidak sejernih jaringan PSTN.
b. Ada jeda dalam berkomunikasi.
c. Peralatan
relatif mahal. Peralatan VoIP yang menghubungkan antara VoIP dengan PABX (IP
telephony gateway) relatif berharga mahal.
d. Berpotensi menyebabkan jaringan
terhambat/Stuck. Jika pemakaian VoIP semakin banyak, maka ada potensi jaringan data yang ada menjadi penuh jika tidak diatur
dengan baik. Pengaturan bandwidth adalah perlu agar jaringan di perusahaan
tidak menjadi jenuh akibat pemakaian VoIP.
e. Penggabungan jaringan tanpa dikoordinasi
dengan baik akan menimbulkan kekacauan dalam sistem penomoran.
Metode
VoIP
1. ATA
(Analog Telephone Adaptor)
ATA
adalah alat pengubah sinyal dari analog
menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data
digital untuk di transmisikan melalui internet.
2. IP
Phones
IP
Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari
telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun
lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP.
3. Computer-to-Computer
Cara
Mudah dan Sederhana menghubungkan komputer dengan komputer . Yang harus anda
sediakan hanya program (software), mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi
internet yang relatif cepat seperti
koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi biaya
untuk panggilan Computer-to Computer, seberapa jauh pun jaraknya.
Softswitch
·
Entitas (sesuatu yang digambarkan oleh
data) berbasis software yang menyediakan fungsi kontrol panggilan pada jaringan
IP .
·
Dikenalkan oleh ISC (International Softswitch Consortium)/ IPCC (International Packet Communications
Consortium)/ MSC (Multiservice Swiching
Forum).
PBX dan SIP Bedasarkan Softswtich
Pengertian PBX
PBX adalah sebuah sentral privat
dengan fitur seperti sentral public yang di gunakan oleh suatu lembaga /
perusahaan dalam melayani komunikasai internet perusahaan tersebut
Proses kerja PBX server softswitch
Sebuah sistem IP PBX terdiri dari satu atau lebih telepon SIP, server IP PBX
dan secara opsional VOIP Gateway untuk terhubung ke jalur PSTN yang ada. Fungsi
PBX IP server mirip dengan cara kerja proxy server: klien SIP, baik berupa
software (softphone) atau perangkat keras berbasis ponsel, mendaftar ke server
IP PBX, dan ketika mereka ingin membuat panggilan mereka meminta IP PBX untuk
melakukan panggilan. IP PBX memiliki daftar semua ponsel / pengguna dan alamat
yang sesuai dengan SIP mereka dan dengan demikian dapat menghubungkan panggilan
internal atau rute panggilan eksternal baik melalui gateway VOIP atau penyedia
layanan VOIP.
PBX (Private Branch eXchange)
IP
PBX dan PBX
|
PBX adalah sebuah sentral privat dengan fitur seperti sentral public yang di
gunakan oleh suatu lembaga / perusahaan dalam melayani komunikasai internet
perusahaan tersebut
Line cards
merupakan terminasi /interface antar saluran extension dengan sentral PBX
Berfungsi melakukan borscht(battery Over loaded, Ringing,
signaling, coding, hybrid, testing).
Trunk
cards sebagai interface/ terminasi antar
saluran/ trunk ke PSTN dengan sentral PBX.
Berfungsi melakukan konverer sinyal saluran dengan
sinyal internal sentral PBX
Switch
cards melakukan fungsi penyambungan (switching) antar port extension (line cards)
dengan
Port extension line cards lain dalam panggilan internal dan
antar port extension line cards dengan port Trunk cards dalam panggilan
external (incoming/ outgoing call)
Signaling penerima/
pengiriman sinyal dengan extension (DTMF) (decadi pulses)
Dan pensinyalandengan senrtal public (DTMF/MCF decadi
pulses)
Prosessor
cards sebagai pusar control yang
mengendalikan seluruh aktifitas sentral.
Sumber :
DARI BUKU DAN PENJELASAN PAK GURU
http://berbagi-ilmu13.blogspot.com/2014/09/voice-over-internet-protocol.html
http://dmlisin.blogspot.com/2012/09/pbx-dan-ip-pbx.html
http://blackcuco.blogspot.com/2012/04/cuteftp.html
http://en.wikipedia.org/wiki/CuteFTP
http://id.wikipedia.org/wiki/FileZilla_Client
http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2014/01/cara-menggunakan-filezilla-untuk-transfer- file.html
http://client.rumahhosting.com/knowledgebase/45/Cara-Menggunakan-Aplikasi-FileZilla.html
http://tutorial.sigerhost.com/web-hosting-id/hosting-user-guide-2/2-uncategorised/104-cuteftp-2
http://dp-media.blogspot.com/2012/06/filezilla-dan-cara-menggunakannya-apa.html
http://berbagi-ilmu13.blogspot.com/2014/09/voice-over-internet-protocol.html
http://dmlisin.blogspot.com/2012/09/pbx-dan-ip-pbx.html
http://blackcuco.blogspot.com/2012/04/cuteftp.html
http://en.wikipedia.org/wiki/CuteFTP
http://id.wikipedia.org/wiki/FileZilla_Client
http://hengkikristiantoateng.blogspot.com/2014/01/cara-menggunakan-filezilla-untuk-transfer- file.html
http://client.rumahhosting.com/knowledgebase/45/Cara-Menggunakan-Aplikasi-FileZilla.html
http://tutorial.sigerhost.com/web-hosting-id/hosting-user-guide-2/2-uncategorised/104-cuteftp-2
http://dp-media.blogspot.com/2012/06/filezilla-dan-cara-menggunakannya-apa.html
tks
BalasHapussama sama
Hapusterima kasih
BalasHapussama-sama
HapusTHANK
BalasHapussama-sama
Hapus